KLBF - Kalbe Farma

Posted by Investor Awam | Tuesday, August 05, 2008 | | 1 comments »


Background
The company was established on September 10, 1966 and also started its commercial operations. Currently, the company is primarily engaged in the production and development of pharmaceutical products (human and animal healthcare). Some of the company�s licensors are Daiichi Pharmaceutical Co. Ltd, Fujisawa Pharmaceutical Co. Ltd, Baxter International, Pharmacia Upjohn, Morinaga Industry Co. Ltd.



Business
Sector : 53 (Pharmaceuticals)
Company Status : Pharmaceuticals
Foundation : PMDN

ShareholdersShareholder Name Procentage

Gira Sole Prima, PT Gira Sole Prima,PT 9.69%
Santa Seha Sanadi Santa Seha Sanadi 9.17%
Diptanala Bahana 8.90%
Ladang Ira Panen, PT 8.86%
Bina Artha Charisma, PT 8.58%
Lucasta Murni Cemerlang, PT 5.98%

Publics 48.81%

http://spreadsheets.google.com/pub?key=pjRxpwjWzxzgZk0qEhp3qKw

Balance Sheet: Cukup menarik melihat perusahaan yang mempunyai strategi untuk mengurangi hutang perusahaan. Setelah puncaknya pada tahun 2004, terlihat hutang perusahaan secara bertahap menurun. Lebih menyenangkan lagi melihat adanya pertumbuhan yang terarah pada ekuitas. Artinya net worth investor bertambah, notabenenya tambah kaya.

Beban hutang yang mengecil juga menandakan menurunnya financing risk.

P/L: Pertumbuhan positif terjadi di semua lini. Sayangnya terlihat pertumbuhan ini jauh melambat. Rata2 pertumbuhan untuk asset, operating income dan net income adalh di sekitar 20% per tahun.

ROE juga menurun seiring waktu. Dari 38% menjadi 20% dalam 5 tahun. Namun ini bisa kita pahami karena usaha perusahaan untuk mengurangi hutang perusahaan(NB: hutang turun, ekuitas naik). Ingat rumus ROE = net income/Ekuitas. Kalau ekuitas naik, otomatis ROE jadi lebih kecil.

ROA kelihatannya lebih stabil walaupun ROE mengecil. ROA stabil berada di level 21%. Ingat rumus ROA= operating income/Asset= Operating Income/(L+E). Pada ROA, kita tidak memperdulikan sumber dana perusahaan(apakah dari modal investor atau dari hutang), juga tidak memperdulikan bunga karena hutang, dan pajak. Artinya, jika perusahaan dikasih segepok uang berapa laba operasional yang bisa diperoleh. Dalam hal KLBF, boleh dibilang ketika diberikan asset dalam jumlah tertentu, mereka mampu mencetak laba operasional sekitar 20%.

Perusahaan setiap tahun memberikan dividen kecuali tahun 2006. Namun, setelah absen di tahun 2006, dividen yang diberikan perusahaan melonjak 400% pada tahun 2007. Mungkin akumulasi dividen 2 tahun?

CF: Walau CF perusahaan selalu surplus, namun tidak memperlihatkan arah pertumbuhan yang jelas. Untuk perhitungan harga wajar, saya gunakan CF rata2 dengan pertumbuhan 9% per tahun (ini rata2 CF KBLF selama 5 tahun). Harga wajar = Rp358. Sekarang trading di angka Rp750. Mungkin sedikit overvalued ya...

update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

1 comments

  1. Anonymous // November 30, 2008  

    liquid, nice steady profit, nice price below 400, nice penny earner ....nice analysis brur.....