BUMI - Tentang akusisi DEWA

Posted by Investor Awam | Tuesday, March 10, 2009 | , | 0 comments »

Ini seklias pertanyaan dodo:

Bos, mhn bantuannya. Saham DEWA kan mau dibeli BUMI tapi masih banyak masalah, bisa kasih info emiten sekelas DEWA di industri yang sama apa aja ya ?

DEWA - Dharma Henwa berada di industri infrastruktur dalam kategori "konstruksi non bangunan". Dari koran kontan, saya melihat ada 3 saham lain yang dianggap sejenis dengan DEWA yaitu BUKK, INDY, dan TRUB.

Informasi financial ada di www.idsaham.com

Setelah melihat fundamental ke-4 saham di atas (termasuk DEWA), saya tidak melihat adanya potensi di ke-4 saham tersebut dari sisi ROE dan ROA. Belum ada yang di atas 20% untuk ROA dan 25% untuk ROE. Bahkan ROA susah masuk ke 2 digit.

Sungguh disayangkan dan sangat diragukan tujuan akuisisi bumi terhadap DEWA.

Sebagai informasi tambahan, pemegang2 minoritas saham BUMI mulai membentuk KIPS BUMI (Kumpulan Investor Pemegang Saham Bumi Resources) dan berusaha melegalnya. Walau masih menghadapi berbagai kendala, jumlah investor yang tergabung sudah tercatat sebanyak 253 pemegang saham. Tujuan utama misi ini adalah untuk membentuk suatu perwakilan sehingga mampu menempatkan seorang direksi atau komisaris yang bertindak untuk KIPS BUMI (baca: yang tertindas). Targetnya adalah 10% pemegang saham BUMI sehingga mampu meminta manajemen melaksanakan RUPS untuk mempertanyakan aksi2 korporasi yang tidak transparan.

0 comments