TBLA

Posted by Investor Awam | Sunday, July 20, 2008 | | 2 comments »

Ini spreadsheetnya:

http://spreadsheets.google.com/pub?key=pjRxpwjWzxzgA3LrAqSPiPg

Sekilas pandang, perusahaan ini tidak konsisten. Sad to say this! Manajemen CF kurang bagus.Walau growth luar biasa gedenya, tapi ROE dan ROA kurang bagus bahkan boleh dibilang payah.

Komentar lengkap menyusul....

------

Coba lihat artikel ini:

http://sahamfundamental.blogspot.com/2008/07/apa-artinya-growth-tinggi-tanpa-roe-dan.html

update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

2 comments

  1. Anonymous // September 05, 2008  

    Pak Investor Awam
    Khusus untuk Agri (CPO/karet), menurut saya, kita harus hati2 menggunakan data ROE & ROA, DER. Bisa menjadi mis leading & saham yang sebenernya memiliki potensi menjadi tidak terlihat menarik.
    Agri memiliki karakteristik yang berbeda dengan tambang/manufaktur yg instan.
    Investasi di agri akan mulai menghasilkan setelah tahun 5(CPO) & 9 (karet). itupun biasanya tahun pertama baru menghasilkan 30%-50% dari kemampuan max produksi.
    Emiten yang baru membuka lahan akan terlihat memiliki ROE & ROA kurang bagus di tahun<5 bahkan akan memiliki DER yang membesar karena rajin membuka lahan dengan debt. Padahal dalam 5 tahun kedepan hasilnya baru akan terlihat.

    Ini yang menurut saya emiten baru seperti SGRO, TBLA terlihat 'kurang menarik' dibandingkan dengan AALI yang sudah pada puncaknya. ROE, ROA & DER menjadi bagus, karena rasio revenue jauh lebih besar daripada aset & equity & debt karena puncak masa panen

    Saya mempelajari LK AALI dari tahun2000 & saya melihat kecenderungan yg sama. AALI awal2 tahun 2000 sibuk expansi dan jarang bagi deviden.

  2. Anonymous // September 09, 2008  

    yoooa bagus...tuch analysisnya bang agri_lover bener2 petani sawit yang yang mengerti bisnis sawit....ya kata gurunya investor kita harus ngerti bisnis d blakang ticker atawa simbolnya he he he....amati trus saham selama 10 tahun nich....yoooa banget siap2 bli UNSP TBLA d harga diskon he he he walau gua maen tek tok he he he