SMGR -Semen Gresik

Posted by Investor Awam | Wednesday, July 30, 2008 | | 12 comments »

Descriptions from IMQ21:

Background

NV Pabrik Semen Gresik was established on March 25, 1953. On April 1, 1960, NV Pabrik Semen Gresik was made a state enterprise company by Government Regulation No. 132 of 1960 and subsequently became PT Semen Gresik (persero). The company�s plant located in Gresik, East Java has been upgraded three times. The company has a new cement plant in Tuban, East Java with an installed capacity of 2.3 million tons per annum and expanding its plant in Gresik from 1 million tons to 1.8 million tons. In 1992 the company established two subsidiary companies to support the operation of the Tuban plant: PT Industri Kemasan Semen Gresik, operating in manufacture of cement bags and PT United Tractor Semen Gresik, a supplier raw materials for cement. Since July 1994 with the completion of the new plant in Tuban and the expansion of plant in Gresik, the company installed capacity reached 4.1 million tons per annum. On July 1995 the company shareholders meeting agreed to acquire 100% share of two state owned cement producer companies, namely PT Semen Tonasa and PT Semen Padang. The company has acquired funds amounting to Rp 600 billion from PT Bahana Sekuritas, Merril Lynch and PT Danareksa. The fund was used to construct Semen Tuban III with a production capacity of 2.3 million tons a year. Completion is expected to take place in 1998. In the year 2000, the company underwent evaluation on the implementation of Good Corporate Governance, which was performed by an independent consultant Deloitte Touche Tohmatsu. The company has obtained an environmental management system certificate, the ISO 14001 issued by SGS Yarsley International Certification Services Limited on February 21, 2001.

Shareholders
Pemerintah Republik Indonesia 51.01%
Blue Valley Holdings Pte.Ltd 24.90%
Public 24.09%

Ini spreadsheetnya:

http://spreadsheets.google.com/pub?key=pjRxpwjWzxzg6vrCcyFFbRQ

Sekilas pandang terhadap ketiga grafik disamping, saya sudah merasakan aura perusahaan yang sehat, kosisten di performa dan strategy. Dengan adanya pemerintah sebagai shareholder mayoritas juga merupakan jaminan tersendiri.

Balance Sheet: Saya suka sekali dengan balance sheet perusahaan. Sangat konsisten dan prediktif. Asset bertumbuh secara konsisten diikuti pertumbuhan ekuitas yang stabil, dan penurunan hutang yang juga konsisten.

Coba perhatikan grafiknya baik2: hutang yang semula seimbang dengan ekuitas pada tahun 2003 sudah menjadi cuma 1/3 nilai ekuitas pada tahun 2007. Saya mampu melihat pesan yang disampaikan manajemen bahwa perusahaan berusaha meningkat nilai sekaligus mengurang resiko financial secara bertahap. Menurut saya pesan tersirat ini 100x lebih baik daripada pengumuman2 saham gorengan di surat kabar. Paling sering pada saat perusahaan pinjam uang dari bank atau manapun, perusahaan gorengan juga mengeluarkan prediksi pertumbuhan mereka beberapa tahun ke depan yang fantastis. Tong kosong nyaring bunyinya hehe.

P/L Statement: Sama halnya dengan asset dan ekuitas, terlihat ada pertumbuhan yang stabil di semua lini: sales, operating profit dan net profit. JUga terlihat ada peningkatan yang bertahap di operating margin dan net margin.Tahun 2003 net margin adalah 6%, tahun 2007 net margin sudah 18%. Good job! ROE dan ROA juga meningkat stabil. ROE dan ROA tahun 2007 sudah mencapai 26% dan 28%.

Telaah lebih jauh, perusahaan memberikan dividen yang juga bertambah seiring waktu.Tahun 2007, pada saat net income = Rp1,7T, dividen yang diberikan adalah RP647M. Ini juga adalah pesan tersirat perusahaan. Perusahaan yang bagus mampu memberikan dividen yang konsisten, bukan tahun ini kasih banyak tahun besok kasih dikit atau nggak kasih sama sekali. Good job SMGR, I fall in love...

Operating CF: Mulai dari 2004, trend menaik yang konsisten sudah terlihat jelas di grafik. Rata2 pertumbuhan 5 tahun adalah 20%. Kalau kita abaikan tahun 2004, pertumbuahan CF SMGR selalu di atas 30%.

Perusahaan ini konsisten dan predikatif. Perhitungan harga wajarnya dengan anggapan pertumbuhan 20% per tahun untuk 10 tahun ke depan adalah Rp4600. Harga jual tgl 27/7 adalah Rp3925. Hmm ada diskon walaupun sedikit.

update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

Two thumbs up!!!

12 comments

  1. Zulqarnain Setio Pramono // January 02, 2009  

    numpang comment...
    Dugaan saya, bung investor awam juga pegang ini saham..hehehe benar kan?
    Bagaimana menurut pendapat anda akan rencana ekspansi SMGR untuk menambah kapasitas produksi sampai 5 juta ton di thn 2012, capex yang dibutuhkan mencapai 1,4 juta dollar.
    tentunya akan meningkatkan DER dari emiten ini..dan net profit growth akan melambat karena harus mencicil hutang.
    Tapi saya setuju, emiten ini karakternya kuat sekali dan predictable..asal tidak dicampuri dengan urusan2 politix seperti waktu cemex masih ada disini..dan jika antara perusahaan induk SMGR tetap rukun dan kompak dengan anak perusahaan Semen Padang dan Tonasa.
    Dirut Dwi Sutjipto dan team banyak bawa perubahan sejak mereka menjabat thn 2005

  2. Investor Awam // January 02, 2009  

    @zul
    penambahan capex biasanya juga akan menambah future income perusahaan. Jika tidak, maka tidak ada gunanya perusahaan menambah capex. Yang penting adalah sebelum proeyk baru, perusahaan harus yakin proyek itu adalah proyek ber NPV positif agar layak dilaksanakan.

    Sejauh melihat interim jun08:
    Total Equity = rp 6,800,000jt
    Total Liabilities=rp 2,000,000jt

    pemodalan CAPEX dengan hutang 1,4jt dollar atau Rp 14 Milliar sangat tidak significant.

  3. Zulqarnain Setio Pramono // January 03, 2009  

    ups sorry bukan 1,4 juta dollar tapi 1,4 milliar dollar..buat 2 pabrik baru di Pati, Jawa Tengah dan di Sulsel dan 3 pembangkit PLTU..
    Saat ini sedang dihitung penambahan capex menjadi 1,7 milliar dollar, karena ada rencana penambahan pabrik lagi di Indarung, Padang.

  4. Unknown // January 03, 2009  

    @Zul :"tentunya akan meningkatkan DER dari emiten ini..dan net profit growth akan melambat karena harus mencicil hutang." <-DER jelas meningkat, namun net profit growth tidak akan melambat, karena pembayaran cicilan hutang laporannya di arus kas, tidak ada pengaruhnya di laporan laba rugi. dengan asumsi sampai 2012 capex yang dibutuhkan sebesar 1.6 - 1.7 milliar USD berarti pertahunnya capex sekitar 4 milliar USD, dan melihat kas semen gresik saat ini, capex tidak harus full dibiayai oleh hutang.

  5. Unknown // January 03, 2009  

    ups sorry, lebih tepatnya net profit terpengaruh hanya karena beban bunga pinjaman, bukan cicilan pinjamannya. :D

  6. Investor Awam // January 05, 2009  

    @Zul & moninoke
    1,4millar dollar atau 14T. Hmmm, that is pretty big. Asset SMGR sekarang cuma 9T.

    Bisa mempengaruhi tatanan leverage perusahaan ini sehingga resiko menjadi lebih besar.

    Bro zul, yakin 1,4milliar?

    Inilah hikmahnya cuma memegang beberapa saham saja, sehingga kita bisa mempelajari saham yang kita pegang dengan lebih mendalam.

  7. Unknown // January 06, 2009  

    iya setahu saya sekitar 1,4 milliar USD, tapi itu capex untuk 4 tahun (sampai 2012). btw hari ini di koran kontan ada perubahan capex semen gresik karena tidak jadi membangun 8 PLTU. capex 2 tahun menurun dari yang diperkirakan sekitar 600-700 jt USD menjadi sekitar 100-200 jt USD. berita lengkapnya di : http://www.kontan.co.id/index.php/Investasi/news/6269/Semen_Gresik_Batalkan_Rencana_Pembangunan_8_PLTU

  8. Investor Awam // January 06, 2009  

    @moninoke
    financing capex dengan apa bro? hutang atau right issue? atau new issue?

    bro... saya belum punya waktu meneliti SQBB secara mendalam. Bagaimana menurut anda saham ini?

    http://sahamfundamental.blogspot.com/2009/01/sqbb-bristol-myers-squibb-indonesia.html

  9. Unknown // January 06, 2009  

    hutang dengan limit 7 triliun ke bank Mandiri sebagai pimpinan dengan bank2 lainnya, btw 30% didanai kas internal (klo tidak salah :P). this step is far better than right issue i think.

    Jujur, SQBB lolos dari pengamatan saya, saya baru tahu Bristol Myers ini dari situs ini tadi, setelah saya pelajari secara singkat, fundamental yang tercermin baik sekali, namun data2 sangat minim, jumlah share yang beredar jg hanya sekitar 9.3 juta. yang membuat saya terkejut tidak ada sejarah perdagangannya di pasar reguler dari tahun 1990 sampai sekarang. saya cari data dari IPOT jg tidak ada company profilenya. Annual report dan financial report di BEI tidak ada. Company profile baru saya dapat di situs imq21, dan terlihat disana bahwa tidak ada common stock yang beredar di publik, yang ada hanya saham preferen, itupun hanya 2% dari total saham, sepertinya walaupun sangat baik kita tidak akan dapat kesempatan untuk membelinya. still need time to know this stock

  10. Unknown // January 07, 2009  

    Hmm. Pantas saya tidak menemukan annual & financial report u/ SQBB, karena SQBB adalah saham Bristol-Myers Squibb Indonesia Seri B (saham biasa), sedangkan Seri A adalah saham dengan kode SQBI (saham preferen). hal ini menjelaskan mengapa SQBB tidak ada sejarah perdagangannya sama sekali, karena 100% saham SQBB dipegang oleh pemilik. bro investor awam, maaf jadi komen SQBB di thread ini, kepalang tanggung :D

  11. Investor Awam // January 09, 2009  

    lol...
    kapan IPO ya?

    ternyata program saya tidak bisa membedain mana yang preferen, mana yang common stock.

    Tapi laporan keuangan SQBB ada di reuters.com? Hmmm apakah saham preference juga diperdagangkan?

  12. rahmawan1 // February 13, 2009  
    This comment has been removed by the author.