BISI - BISI International

Posted by Investor Awam | Monday, July 28, 2008 | | 1 comments »

Business
Business : Cultivation of seedlings and Trading of Corn, Vegetables and Rice
Sector : Agriculture (11)
Company Status : PMDN
Foundation : 1983

Shareholders

Agrindo Pratama, PT 28.00%
Midsummer Limited 27.30%
CP Agriculture Limited 14.70%

Public 30.00%

Ini hitung2annya:

http://spreadsheets.google.com/pub?key=pjRxpwjWzxzju1mHN9_THBg

Jika kita hanya melihat Balance Sheet dan P/L statement (seperti laporan analisa di kebanyakan perusahaan broking), maka perusahaan ini lumayan bagus (walau mungkin tidak dikategori excellent).

ROE dan ROA yang mulai meroket. Tahun 2007 udah 28% untuk ROE, dan 17% untuk ROA. Tahun 2008 lebih wah! Pada laporan interim samapai Maret aza, ROE dan ROA sudah 55% dan 33%. Wow!

Margin juga mempunyai trend meroket yang sama. DER menurun tajam.. Luar biasa! Resiko financial kecil. Sales & Income Growth: 69% dan 35% pada tahun 2007. Awal tahun 2008 lebih cemerlang lagi: net income 3 bulan aza udah melebihi apa yang dicapai pada 2007 (12 bulan). Luar Biasa!

I can't wait to buy this stock until.....

Boooom!!!!! Apa yang terjadi dengan CF perusahaan? 3 tahun terakhir negatif !!!! Income yang bertumbuh pesat sedangkan CF hancur2an? Apakah ada penjualan fiktif di sini? Di sini lah investor lebih terjebak dengan data/laporan broker yang tidak lengkap.

Untuk info tentang operating CF, ini saya kutip sedikit kalimat yang saya tulis di kosa kata Financial:

Cash Flow Statement = Laporan Arus Kas. Ini adalah bagian yang sangat penting dari analisa dan sering terlalaikan oleh orang banyak, professional sekalipun. Laba perusahaan yang tidak diikuti Operating CF (laba operasional) yang positif perlu diragukan kebenarannya. Contohnya jika perusahaan menjual secara kredit, walaupun uang belum diterima perusahaan, laba sudah tercatat di P/L tetapi belum di CF statement. Makanya kita jangan hanya melihat laba doang, verifikasi juga dengan arus kas. Kalo kreditnya macet gimana? Remember cash is king!

Akan lebih menarik melihat apakah perusahaan masih mengalami kesulitan CF pada awal 2008 ketika semua data financial di B/S dan P/L sangat mengagumkan. Sayang, tidak ada datanya.

Oh ya kasus yang serupa bisa dikaji di TOTL.

update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

1 comments

  1. keyhan // June 14, 2009  

    wah pas pertama kali belajar analisis saham, tertuju pada cash flow, terutama operating, cz terpengaruh prinsip manajemen keuangan "kas adalah raja". hehehe, cm waktu itu masih awal belajar sekarang baru belajar laen2, baru belajar beberapa bulan belum siap didunia trading (disamping belon punya duit)