Memprediksi Growth ke Depan

Posted by Investor Awam | Wednesday, August 20, 2008 | | 2 comments »

Seminggu ini saya melihat banyak pertanyaan seputar cara menghitung growth ke depan. Sebenarnya ini susah2 gampang...

Gampangnya kalau perusahaan konsisten bertumbuh dan CF positif. Coba lihat grafik 5 tahun Cash Flow SMGR:

Kalau grafik yang begini, tingkat prediksi kita bisa jadi sangat nyaman.Selama 5 tahun terakhir ini adalah ppertumbuhan SMGR: -23% 44% 30% 30%. Rata 5 tahun adalah 20%. Kalau kita mengabaikan tahun growth 2004, sebenarnya growth SMGR selalu di atas 30%. Anda boleh menggunakan growth 30% atau 25% sebagai patokan, tetapi saya suka yang lebih aman dengan hanya menggunakan 20% per tahun....

Bahkan ada teman saya yang lebih conservatif, hanya menggunakan growth 15%. Well, ini bergantung dengan kenyamanan individu pengguna.

Untuk pola begini, CF 2008 bisa langsung diambil dari perkalian CF2007 dengan (1+20%).

Yang ini mulai susah diprediksi:

Ini CF MYOR. Tahun 2006 menjadi sumber masalah haha.. Rata2 pertumbuhan 5 tahun terkahir adalah 145%. WOW! Kenapa begitu? Karena pertumbuhan 2006 ke 2007 yang 600%. So untuk ini rata2 5 tahun akan lebih susah digunakan.

Terus, secara grafik kita melihat pertumbuhan yang naik turun. Jadi akan agak susah memprediksi pertumbuhannya. Untunglah CF masih positif selama 5 tahun terkahir. Darimana kita tahu tahun depan akan tumbuh atau nyusut?

Untuk pola begini biasanya saya males memprediksi, karena margin error udah agak besar. Tapi karena tuntutan profesi (hehe), terpaksa harus buat prediksi. Biasanya saya maksimal cuma bisa kasih 10% untuk saham begini. Lalu saya hitung harga wajarnya. Jika harga trading lebih mahal dari harga wajar, saya buat asumsi baru growth 15% per tahun. Jika masih trading di atas harga wajar atau sama dengan harga wajar, saya buat kesimpulan seperti ini:

"Sekalipun perusahaan mampu bertumbuh 15% selama 10 tahun ke depan, harga wajar adalah baru Rpxxxx. Ingat perusahaan tidak konsisten."

Akibat kekurang-konsistenan perusahaan, CF2008 dihitung dengan Rata2 5th CF x (1+15%).

Ini yang parah!!!

Jujur saja saya tidak tahu kemana CF akan bergerak. Namun karena harus memprediksi, maka saya hanya prediksi seadanya. Ingat garbage in, garbage out. Kalau inputnya samapah, maka prediksinya juga sampah haha..


update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

2 comments

  1. Anonymous // August 22, 2008  

    uda selesai liburan ni...
    sering2 bahas teori2nya ya. tx.

  2. Anonymous // September 18, 2008  

    setuju, kebenaran suatu prediksi dipengaruhi oleh inputnya.