RE:TOTL

Posted by Investor Awam | Tuesday, July 08, 2008 | | 3 comments »

Sorry, sebelumnya ada kesalahan posting pada saham TOTL. Tapi kali ini udah diedit kembali.

Ini Link TOTL:

http://spreadsheets.google.com/pub?key=pjRxpwjWzxzh4UWkHIpVyeg

Positifnya:

Setelah terjun bebas pada tahun 2004, Aset dan Ekuitas mengalami peningkatan yang sehat tahun2 berikutnya.
DER berkurang dan Quick Ratio meningkat. Resiko financial perusahaan semakin berkurang!

Negatif:

Saya menemukan beberapa kejanggalan pada laporan keuangan saham ini. Contohnya Pada saat terjadi pertumbuahan laba bersih pada perusahaan ini, Operating CF perusahaan malah mengalami kemunduran (Negatif growth)???? Warning! Warning! Selidik punya selidik, ternyata receivables (piutang) perusahaan meningkat sangat tinggi. Dengan kata lain, kenaikan sales dan net income ini adalah karena perusahaan menjual secara kredit. Artinya uang belum masuk namun laba dan penjualan sudah tercatat di laporan keuangan. Penumpukan piutang bisa menimbulkan resiko kredit macet!
Kalo dibandingkan pada tahun 2007, Net income (Rp 92M) VS Operating CF (hanya Rp 12,5M), maka bisa dilihat kalau perusahaan mencatat laba 7 kali lebih besar dari uang yang masuk.
Fair Value dihitung berdasarkan pertumbuhan CF perusahaan. Dalam hal ini, secara rata2 ternyata TOTL mengalami penyusutan CF. Jadi anggaplah saya berbaik hati mengganggap akan ada terjadi rata2 pertumbuhan sekitar 5% per tahun untuk 10 tahun ke depan, maka Fair Value perusahaan cuma RP 30. Sekalipun CF perusahaan bisa tumbuh hingga 30% per tahun, maka harga wajarnya masih Rp 100. Harga saham ini sekarang sangat tinggi!

Ini saja yang bisa saya berikan. Mudah2an perusahaan ini tidak memanipulasi laporan keuangan dengan cara melambungkan penjualan dan laba bersih, padahal penjualan itu fiktif. Juga kita berdoa semoga piutang perusahaan yang begitu besar bisa ditagih!

Ini adalah salah satu contoh kasus pentingnya menganalisa Operating CF Perusahaan

update terbaru untuk semua saham IDX:

www.IDsaham.com

3 comments

  1. Anonymous // July 31, 2008  

    Penampilan Blognya tambah exclusive dan contentnya sangat membantu dlm decision making!
    Thanks mate!

    Tolong analisanya TKIM and INTP, please!!

    Thank You

  2. Investor Awam // August 07, 2008  

    ok done

  3. Anonymous // September 28, 2008  

    Bung investor, perfect sekali utk blognya. Soal analisa totl dan wika, memang CFnya seperti itu. Naik turun, karena saya tau dari teman saya yg kerja di PP katanya kalau ada proyek, setelah proyeknya selesai, bayarannya bisa bertaun-taun baru lunas. Jadi utk DER selalu tinggi karena kalau ada proyek besar yah mau tak mau utang sama bank.